Tuesday, December 13, 2011

ASAL USUL COKLAT

Sejarah Asal Usul Coklat

Buah Kakao

Buah Koko

Coklat atau Chocoatl yang bererti air pahit berasal dari buah pohon koko, pohon koko sendiri hanya dapat hidup di daerah tropis yang cukup sinar matahari dan suhu yang tepat. Coklat sendiri berasal dari Amerika Latin sejak 1000 tahun sebelum Masihi. Coklat yang berasal dari Amerika Latin berupa minuman yang dicampur dengan rempah-rempah, seperti kayu manis, vanila ataupun bubuk cabai.

Selanjutnya pada abad ke 15 bangsa Eropah membawa coklat ke Eropah. Tetapi rempah-rempah yang diolah bersama dengan coklat digantikan dengan susu dan gula. Coklat yang awalnya di Amerika Latin dijadikan sebagai minuman, mulai dikembangkan menjadi coklat batangan di Eropa, hal ini dimungkinkan dengan bantuan suhu Eropah yang digin dan campuran lemak dan gula dalam coklat.

Coklat Batangan

Coklat Batangan

Saat ini coklat sudah menyebar dalam bentuk berbagai makanan di seluruh dunia, walaupun kadar kakao dalam coklat yang beredar saaat ini sudah sangat berkurang. Padahal kadar kakao yang dianjurkan untuk kesehatan adalah minimal 20% dalam setiap produk coklat.

Liquid Chocolate

Liquid Chocolate

No comments:

Post a Comment